Sunday, August 23, 2009

Puasa

Ternyata bulan Ramadhan sudah disini lagi.....

Ramadhan?? are you fasting? tuh teman2 dekatku semua nanya gitu..
Tapi yg belum tau artinya puasa bengong semua...looh kamu ngga makan minum sebulan?
yeeee......cuma klo siang saja....trus ngga lapar ato haus? minum air putih boleh kan?
....ngga boleh ...you crazy, kamu bisa dehidrasi, ini masih summer tau...

Yup, summer masih disini...jam 4.30 pagi matahari sudah mulai nongol, dan setia menerangi bumi ini sampai jam 8.20 an.
Dilembah didesa kecil ini sepertinya hanya saya saja yg puasa, ngga ada suara azan, ngga ada hiruk pikuknya anak2 dan orang dewasa dijalanan pas waktu sahur datang.
ngga ada hiruk pikuknya tetangga2 yg bergegas rame2 brangkat ke mesjid untuk taraweh.
Nggak ada kegiatan traweh keliling yg biasanya takjil nya enak2 (hihihi....apalagi hari pertama, biasanya dirumah pak Gub)

Rasanya separuh hati dan pikiran ini ada disana ...diseberang laut, diantara saudara, tetangga dan teman2. Setiap sahur selalu mbayangkan ibu yg klutak kluthek manasin makanan didapur.
Tapi tahun ini sudah ngga ada ibu lagi.

Tahun lalu, saya begitu semangat dibulan Ramadhan, puasa, belanja oleh2 dll.
Impian saya merayakan lebaran bersama ibu mbak2, mas2, ponakan2 dan seluruh teman dan tetangga membuat saya semangat menyiapkan oleh2 dan membayangkan ramenya suasana lebaran "dirumah".
Tapi ternyata saya harus menyelesaikan kursus "cake decoration" yg dijadwalkan oleh tempat kerja saya....sehingga saya harus menunda perjalanan saya.
Mbak saya yg di Jkt bilang...gpp Wied, seminggu setelah lebaran malah transportasi gampang dari Jkt ini....klo kamu pulang sebelum lebaran, malah susah, semua transportasi penuh.
Tapi dihari lebaran (pas magrib) Ibu saya meninggal.


"bu Wied ngga pulang lebaran ini?" tuh kata2 salah seorang ponakan saya
uhhhhhh...selalu ingin pulang, selalu ingin lebaran bareng di indonesia, berdoa bareng2...tapi sampai saat ini sepertinya ngga mungkin ke Indonesia bulan summer ini.
Jadi ya cuma mbayangin saja....
he he mbayangin enaknya makan rame2,traweh rame2...abis itu bikin kue rame2 juga...mereka ngomel ngeliat cara saya mbikin kue keju (apa tuh namanya? kaastengel?)
soalnya keju parutnya saya sebar gitu aja...jadi cepet banget mbikinnya.
Atau mbayangin gimana antusiasnya mereka blajar membuat chili con carne, lasagne, atopun cabage roll...Gimana mata mereka ber binar2 klo saya membuat cream puff dengan isi custard dan whipping cream.
Mbayangin gimana tetangga2 nawarin makan dirumah mereka...ato teman2 yg ngajakin "jalan"....dan nginep dirumah mereka.

uhhh kangen......

19 comments:

Esti said...

Cep..cep..ojo nangis...gak terasa ya hampir setahun yang lalu kamu ke Indonesia. Cepet banget ya? (artinya kita juga cepet tua dong). Wit cookie glaze itu ya yang buat melapisi kue kering biar warnanya kuning cantik, mengkilat.

marsudiyanto said...

Ada yang bilang planet bumi itu kecil, tapi ternyata tidak juga.
Tak ada tempat paling nyaman kecuali di kampung halaman sendiri, apapun suasananya.

Di tempat lain mungkin tenang, sunyi, damai, tapi tetep lebih mengasyikkan irama omelan orang2 yang kita sayangi...

kolojengking said...

Puasa memang jadi lebih mantep kalo suasananya mendukung. Rame-rame orang bangunin sahur, pagi-pagi buta pada jalan-jalan menikmati matahari terbit lalu pas sore hari ngabuburit bareng temen-temen.
semoga puasa kita bisa penuh sebulan ya.
salam kenal. terimakasih sudah mampir di blog saya. :-)

edratna said...

Jangan sedih Wied, semoga engkau tetap bisa melaksanakan ibadah puasa. Memang terbayang ya, puasa dinegara orang, pas musim panas lagi.
Adikku pernah, pas puasa lagi ada kursus di Berlin, dan puasanya 16 jam....waduhh..nggak terbayang.

arham blogpreneur said...

puasa memang mantab bahkan tak terasa kalau sudah 26 hari lagi

Anonymous said...

temanku disini kaget and bilang aku bisa mati karena gak minum seharian. dooohhh pdhl aku gak merasa haus.

kenny said...

sama nih...temenku bilang, makan apa minum air gak boleh...klo kopi boleh nggak?? :D

intan said...

Iya mbak wied, kalo puasa entah kenapa kita selalu teringat masa kecil kita di bulan yang sama. Nyiapin jaburan (takjil), maen jaburan, berangkat shubuhan ke masjid terjauh ... huaaa...kangennnn...

Manda La Mendol said...

kalau sampeyan pulang...mampir ke rumahku yo mbak, tolong bikinkan kue yang buanyaakkk. soale aku isok'e cuman goreng kerupuk

Bangsari said...

Jangankan yang diseberang, lha wong saya yang cuma di jakarta dan mudiknya ke jawa saja kangen kok. dan anehnya, mau mudik susah banget.

selamat berpuasa...

Pakde Cholik said...

Dah tho mbak, kok malah ndeprok di sentong gitu. Entar pulang ya kalau sudah senggang.
Pindah aja mbak ke Jakarta dan mbuka cakeshop atau Widblogger cakeshop gitzu, pasti laris deh.
Aku lagi mangan martabak mbak, anakku beli kulitnya di Giant dekat rumah trus isinya mbuat sendiri. Ternyata enak juga lho.
Salam hangat dari Surabaya mbak.

Tuti Nonka said...

Wah .... ngiler membaca semua jenis makanan yang ditulis Mbak Wieda. Hooo .... ratu masak to Mbak? Saya paling nggak bisa masak, pinternya ngabisin doang ... hehe ...

Selaamt berpuasa ya Mbak, insya Allah karena puasanya lebih lama, pahalanya juga lebih banyak. Amin.

Anang said...

selamat berpuasa mbak....

Anonymous said...

jeung...sek poso khan hihijangan kalah sama summer, adekku yang tukang listrik harus melek 24 jam nungguin acara kelar wae poso khok*lah apa hubungannya yak..hihi*

met posoanlah...

budi maryono said...

pulanglah pulang "si anak hilang", biar kita bisa ngopi sampai jauh malam

rani said...

mba' wied...selama ini kalo mampir blog na mba, rasanya iri dech mba' bisa ngeliat pemandangan indah disana....tapi sekarang ga jadi ngiri dech hehehehe....bulan ramadhan memang enaknya di negeri sendiri yach

tips mudik said...

sama mbak, aku juga ngga bisa pulang, nih..
soalnya ngga punya ongkos...
jadi maw lebaran bareng ibu kost aja deh... hihihiiiii

salam

gen

alamendah said...

Memang selalu lebih terasa nikmat di tempat sendiri.
Katanya. Soalnya saya sendiri gak pernah tinggal di rantau. Selalu setia berada di kampung halaman.
Tetapi ngebayangin berpuasa di tengah-tengah orang yang gak puasa dengan waktu yang sedemikian panjangnya. Salaut!!!

Salam kenal.

Puspita said...

Selamat menjalankan ibadah puasa di negeri orang. Mbak Wied tetap harus bersyukur bisa puasa di negeri orang, sedangkan saya mimpi saja ndak berani.

Masakan mbak Wied pasti lezat sekali, di desa paling-paling hanya makan sambel dan kulupan plus tahu tempe.

Tempe di desa termasuk makanan rakyat, saya yakin tempe di Kanada merupakan makanan mahal karena ndak ada yang jual.

Selamat menjalankan ibadah puasa mohon maaf lahir dan batin.