Friday, January 05, 2007

REFUND

Di Negara dimana aku tinggal ada kebudayaan di semua toko2 ..."refund" ato pengembalian...

Nah ini cerita sedikit tentang dimana aku kerja dan di toko2 lain.

Di Grocery Store dimana aku kerja di Bakery sering banget terjadi hal2 yg kadang bikin jengkel dan kadang bikin geli...tapi "customer services" itu harus diutamakan...sejengkel apapun...semarah apapun aku harus tetap tertawa..dan bermuka manis...(hehehehe ge er ah, muji diri sendiri klo manis...digulain kalee)

Contoh neeh..contoh...ada orang beli kue ulangtahun..gede yg cukup untuk 40 orang, dia pesen tuh 2 hari sebelumnya..dia bilang aku mau yg make buah ditengah nya di setiap lapis nya harus penuh buah2 an segar dan whipping cream...trus diatasnya harus penuh hiasan buah2 segar, nah...tentu saja kita harus membuat kue yg dia maui....sampai seminggu kemudian....customer ini datang dan melontarkan keluhannya...."seminggu yg lalu saya pesan kue disini dan harganya cukup mahal...tapiiii saya benar2 kecewa karena buah2 an yg dia pasang di kue itu ngga seperti yg saya harapkan....buah nya ada beberapa yg saya ngga suka blas....bla..bla ..bla"

Lalu the front end manager langsung memberikan duitnya kembali...sorry maam...we give you refund...I know well how frustrated you was....laah aku yg tau gondoknya ga keruan...laah wong udah diterangkan sebelumnya kalau kita akan buat kuehnya dengan buah2 an yg lagi musim saat ini....koq..setelah seminggu balik dan complaint? kemana dunk kue yg dia ga suka??? habis dimakan?....tapi kita harus tetep manis2 sama orang itu.....(customer services....hiks)

trus....adalagi yg beli kue kering (cookies) dimana saja kan sudah tertempel alergy alert, tapiiiii...dia complaint setelahnya, anaknya makan cookies dari toko dimana aku kerja dan kena alergi berat...dia beli chocolate chip cookies ternyata ada kacangnya nyelip (ternyata yg dia ambil tuh peanut butter chocolate chip cookies), langsung ada instruksi dari the big boss...(president director) ke 23 grocery store kami.....semua peanut butter cookies dan chocolate chip cookies harus dibuang..karena kontaminasi dengan peanut butter, sampai ada instruksi lebih lanjut....
Dengan sedihhhh....dan ga tega serta gerundelan kami buang (ke sampah) kue2 itu...hiks aku bener2 nangis ...bayangin nun jauh di Indonesia banyak orang kelaparan....disini aku buang makanan dan ber buggy buggy........sedihhhhhhh...tapi aturan boss harus dijalankan.

Nah klo diceritain semua..jadi buku tebal yg bisa buat bantal

Sekarang crita refund yg lain yah....

Di toko2 baju atau electronik pun juga ada budaya refund, seru banget nee....bayangin Natal itu kan hari kado2 an di sini ini...semua orang ngasih kado...nah seminggu setelah Natal banyak orang yg ngembaliin hadiah...dan sudah dibuka semua (seminggu setelah tahun baru adalah hari yg baik untuk hunting barang2 murah yg udah terbuka)...

Ada seorang kenalanku (dari Indonesia juga) dia itu suka sekali beli barang2 yg kemudian "dicoba" dipakai ...misalnya baju pesta...pas ada undangan pesta dia beli baju baru yg lumayan mahal...(pernah aku pergokin dia pake baju dengan tag yg masih nempel di leher belakang) ternyata 2 hari kemudian dia kembaliin baju itu ke toko (dengan tag masih nempel) nah...dapat refund.

Trus pas summer kemaren dia ngundang orang2 untuk berpesta dirumahnya, kursi2 tamannya baru semua.....ehhhhh kebetulan 2 hari kemudian aku belanja ke toko gede "Costco" ketemu dia lagi ngembaliin kursi2.....dengan tenang dia omong ke aku..."gue pikir..percuma deh gue beli kursi2 ini...ga gitu butuh sih jadi gue kembaliin aja" waaaaaa.....aku bengong....koq bisa yah??? kan udah dipakai??? kaya nyewa kursi tapi gratis....wow....

Nah seandainya semua toko di Indonesia ada budaya refund gitu...gimana yah????? pasti seruuuuuuu.........hiks

20 comments:

Anonymous said...

aduh..eman banget kue2 nya..ternyata org sana pinter maen2 jg yah, dah abis eh baru komplain.
Klo indo ada refund gitu gak bakalan ada toko yg brani buka, gak balik modal malah nimbun utang :D.
Wingi tak senggol ning ym..wes bobok ya?

Anonymous said...

Wah, ek ning kene ono toko koyo ngono, bank banyak yg tutup, soale kredit macet kabeh he..he..

@kenny: aku kok ra di senggol?

Anonymous said...

wah, kayak cerita temenku kemaren. Pas natalan, kenalannya di Brisbane beli furniture satu set dalam rangka menyambut tamu acara natalan, trus habis acara selesai, paginya beliau refund itu barang dengan alasan "I change my mind". CSnya manggut2 saja, weleh. Padahal tiap ahun beliaunya pake trik seperti itu. Jadinya kayak sewa barang anyar.

Anonymous said...

kalo diindo ditulis dikuitansinya "barang yang sudah dibeli tidak boleh dikembalikan" walopun kadang barangnya gak sesuai..

Anonymous said...

di jerman juga sama Wied, nggak hanya pas natal usai saja, di hari2 biasa banyak orang mengembalikan barang yang telah kebeli, tapi tidak sesuai, aku juga pernah melakukannya. Di sini memang pembeli adalah raja.

pernah ya Wied, suamiku beli travelling bag ya, terus habis balik liburan, salah satu rodanya hilang, kita khan lapor ya, kali ada ganti rodanya, eh...malah uang kami di kembalikan, dan tasnya boleh kami miliki, karena mereka kehabisan stock rodanya, jadi kami cuma beli roda baru deh. Tasnya kami miliki gratis! tapi nggak semua orang kok suka seenaknya mengembalikan barang yang sudah di beli.

Eh...ngepak2 nya dah selesai belum?

Anonymous said...

Hallo ametyhs...met kenal ya....duh..emang agak ribet ama budaya refund...disini juga gituh..tapi kalo org yg udah punya niat jahat pasti dosanya banyak ya...kekekek....nah kalo di indo model refund2 gituh...bangkrut lahh...pasti banyak pengangguran lagi....hikshikshiks...naseb naseb

Kristin said...

enak bangets dia kue habis msh dpt refund balik... bisa cepet bangkruts dungs:D
Wied kbr km gmana neh? alhamdullilah kbrku baik² aja.
BTW blogmu ak link yaks??

just Endang said...

yg customernya mau enaknya sendiri, ketemu ma peraturan refund n boss toko yg (menurutku) bodo...klop deh ah...manusia emangkadang aneh ya bu...

mei said...

walah enak men rekk, kalau kayak gt aku bisa pake baju baru terus tiap weekend, trus seninnya aku balikin setelah sabtu or minggunya di pakai..haha, enak pisan!!

met tahun baru ya jeng, semoga tahun ini lebih baik lagi, amien

amethys said...

kenny : yup..aku aja mrebes mili waktu harus narok di buggy dan aku suruh orang lain membuangnya

de : he he he....

dirac : yup aneh yah orang itu?

oon : iya on...aku pernah beli baju ternyata lengannya panjang dan pendek...tak kembaliin ditolak...sebell banget

Ely : yup emang gitu aturannya...klo dalam makanan sampai menu rambut ato dalam sayuran nemu hewan kecil kaya semut kita dapat uang utuh dan makanan gratis.

melanie : salam kenal juga...hehehe iyah yah...thx udah mampir ke blog ku

Olip oyl : hehehehe...aku blom tau cara nge link blog...ntar deh pulang dari Indon aku pasti udah pinter nge link....

Endang : emang customer itu raja disini..dan klo soal makanan riskan banget...klo sampai di sue dan kalah..bisa2 kita bayar ber ratus2 ribu....jadi emang harus dibuang....

Mei : iyah met tahun baru....hehehehe emang gitu disini...sampai aku ga brani make baju baru tanpa dicuci dulu..tatut klo udah dipake orang lain dulu...:p

Anonymous said...

satu-satunya yang bisa refund di sini : "kena gigi uang kembali". :)

SinceYen said...

Kalo di Indonesia ada refund begitu mendingan bikin peminjaman baju aja deh dari pada bikin toko.

zuki said...

Makanya di Indonesia belum bisa ada refund kali ya .. :)

Mungkin contoh sederhana box koran di luar negeri. Kalau di sana, masukin uang, ambil 1 eksemplar, tutup lagi.

Kalau di sini, masukin uang untuk 1 eksemplar, terus ambil semuanya untuk di jual lagi hehehe ... :)

elly.s said...

dear amethys: aku minggu depan ada pesta..tolong cariin baju yg paling keren utk ku n hubbyku...
Tapi habis pesta mau tak "refund" in dgn alasan nggak cocok ke kekekekek...

Ancilla said...

kalau soal jual balik barang stlah tahun baru, bukannya di Indonesiaj uga begitu ya? tapi beda moment-nya. disini abis Lebaran...

at least, disana menghargai hak konsumen :)
daripada uda tau "rusak" tapi tetep dijual...

walau stuju ttg buang2 makanannya... tapi serba salah... nanti kalau dituntut kan malah lebih mahal.

amethys said...

jt : kena gigi kuda? :p

since : kan udah banyak persewaan baju pengantin...klo refund kan artinya make gratisan?

zuki : yup...bener...seandainya terjadi di Indon..pasti jadinya ada kelompok penadah...mereka beli...trus di refund...karena abis itu dijual dan harganya turun..langsung temannya yg ngambil...hehehehe..tokonya blom sampai sebulan udah bangkrut..:p

Landy : berminat buka toko yg menerima refund....ditanggung tiap hari yg datang berjubel...:P

Ellys : yee jangan dunk..ntar di punggungnya ada tulisan..: hati2...dilarang mengotori baju ini...besok mau di kembaliin..:p

anchila : kayanya beda yah antara "refund" dan dijual kembali...klo dijual kembali itu kan pasti dipotong harganya???

Innuendo said...

kadang aku pikir gak fair. memang sih rulesnya visa/mastercard, boleh dibalikin. (kalo bayar cash, tergantung tokonya) tapi kalo sampe suka2x customers...

belom lagi maen sue seenaknya. beneran customers adalah raja yak disini.

mbokya choco chips ama peanut butter cookiesnya dikirim ke aku aja..aku jual tuh cookies di warungku hihihihi

amethys said...

dian adeknya freddy : choco chip yg terkontaminasi ama peanut butter emang harus dibuang, karena klo yg alergi itu sampai masuk ke RS ato fatalnya duut, kan malah repot? hehehehe...
pernah denger teenager ce yg mati gara2 dicipok ma BF nya yg baru aja makan peanut butter cookies ga?
terjadi summer th lalu. Si ce alergi berat ma peanut butter...

Anonymous said...

hehehe.... ternyata mental orang sama aja yah, gak bule, gak yang melayu.... intinya gak rugi babar blas!

Innuendo said...

oooohh...

aku alergi sama apa, ya ? kayaknya gak ada deh hehe...