Friday, April 13, 2007

Lombok




Setelah seminggu di Bali, maka kami "nyebrang" ke Pulau Lombok... (pernah seh jaman dulu ke Lombok...pas masih ada perahu cepet...maboklah....(he he he kayanya namanya Mabua express deh.....tapi gara2 aku mabok di perahu itu namanya diganti ama temanku jadi "maboklah")

Kami tiba di Lombok jam 5 sore...bandara Selaparang sangat sepi, jadi sangat mudah mengenali "istri kerabatku" yg menjemput kami (aku blom pernah ketemu dia...mereka menikah ketika aku sudah di Canada).

Lalu....menu makan malam kami : pelecing kangkung dan ayam bakar Taliwang.....enakkkk....(sttt perutku upset juga, kepedesan hihihi)
Keesokan harinya, adik manis satu ini sudah menyediakan mobil lengkap dengan sopirnya untuk mengantar kami kemanapun kami ingin pergi....yuhuiiiii...aseek banget, maka kamipun mulai jalan2 tempat2 yg menarik di sekitar Cakranegara dan Mataram, ke tempat kerajinan tangan...ceramik, dan juga ke pasar Cakranegara dan tak lupa ke Senggigi...
Sedih melihat daerah ini, banyak hotel2 yg rusak dan tak terurus..karena sepinya wisatawan.
Menurut kabarnya seh "sepi" ini adalah dampak dari bom Bali yg ke 2, orang2 jadi takut berkunjung ke Lombok, sehingga daerah ini jadi sepi banget.....

Lima hari di Lombok sangat berkesan bagi kami, karena kami sempat mengitari pulau Lombok yg begitu indah, tentu saja tidak lupa membeli beberapa butir mutiara Lombok yg terkenal itu.
Gili Trawangan sangat menawan, dengan pasirnya yg putih bersih dan pemandangan yg sangat indah, ayunan gelombangnya juga mengesankan.

Pantai Kuta Lombok cantik sekali, tanpa pohon kelapa daerah ini seperti New Zealand. Pasir didaerah ini seperti merica...bulat2 kecil dan putih bersih. Tapi ada yg membuatku kecewa, pedagang acung di Kuta Lombok membuatku ketakutan...mereka mengeroyok aku dan memaksaku untuk membeli dagangannya. Aku benar2 kapok dan takut menghadapi mereka.
Lalu kami istirahat di Novetel Lombok....ironis sekali, di gerbang hotel ini adalah daerah miskin yg rumahnya beratap rumbia...lalu ada tanah lapang yg banyak kerbaunya dan pohon kelapa, dan diujungnya hotel mewah "Novetel".
Bangunannya sangat khas, lautnya biru terang, jauh dari polusi, walau saat itu sangat panas tapi semua terlihat menarik.

Di lombok kami puas2 kan untuk makan duren, keripik nangka dan tentu saja "ayam taliwang" dan "pelecing kangkung"
Apalagi bibik yg membantu di rumah "adikku" sangat pandai membuat kedua makanan itu.
Oh ya kami selama di Lombok kami tinggal di rumah adik misanku di Mataram. Menurutku kota Mataram dan Cakranegara itu kategorinya "sangat bersih", dengan pohon2 mahoni yg membuat jalanan sejuk.

Kelak kalau ada kesempatan ke Indonesia lagi pasti aku akan mengunjungi Lombok lagi dan menginap di salah satu pulau Gili, mungkin gili Trawangan......semoga yah....

17 comments:

NiLA Obsidian said...

waduh.....cerita liburannya bikin sirik selalu niiihhh....
jd pengen punya planning juga jalan2 ke lombok....atu kita bareng aja gitu jeng wied??

amethys said...

ayooo kita bareng2 ke Lombok..I'll be your guide..kita rencanakan bersama yah?

ken_yut said...

lho kog gak dikirim-kirim tho oleh2 mutiarane :P

mungkin itu salah satu daya tarik hotel novotel, bersebelahan ama rumah atap rumbia....jelas kepincangan ekonomi yg ketara

awi said...

keren banget yah lombok, bangga deh punya Indonesia. tapi ya itu, kemiskinan belum teratasi.

Innuendo said...

aku belom nyampe ke lombok. tahun depan ah insya allah. pedagang di indo sering gitu yak. maksa and ngeroyok. kalo di thailand, nanyak sekali dan kita gak mau, mereka gak ganggu lg

Esti said...

Asyik oi liburannya. Aku juga belum pernah ke Lombok. Sepi banget ya disana Win?

Larasati said...

aku jadi siriikk..., ngiler pleccing kangkung...
Tempat wisata di Indo memang top cuma sayang kurang di promosikan. Padahal di MY tempat wisata yg nggak seberapa aja promonya ke LN gencar banget, leafletnya bagus2 setiap turis bebas nyomot.makanya turis disana bertambah banyak dari tahun ke tahun...

A B A N G said...

Wied.
Kayaknya beratmu pasti nambah dan berat si Jonkheer pasti malah berkurang.

Budi Maryono said...

Silaken Wieda dan Nila berencana, aku tinggal turut serta. Huahaha!

Muhammad Mufti said...

Pantai di Lombok ada yang bagus kaya Kuta Bali. Pantai Senggigi atau apa tuh, lupa namanya.

Rony Zakaria said...

lombok menarik sekali

Anonymous said...

Wah.......foto-fotonya keren abisss, bikin aku pingin liat yang sesungguhnya. Kapan ya....aku bisa kesana????

Ma kasih telah berbagi foto dan pengalaman liburannya.

Salam kenal

Yovi

angin-berbisik said...

duh enaknya...lombok beneran indah ya mbak, katanya pantainya lebih bagus drpd di bali...:)

ndahdien said...

pantai2 dilombok emang sebernya lbh indah dr bali, sayang...kondisi masyarakatnya yg gampang panas bikin turis takut dtg kesana.

Wah harusnya dr pantai kuta langsung meluncur ke Tanjung ANN, duhh serasa surganya pantai. hamparan batuan ditepi pantai dengan pasir putih halus dan ajaibnya disebelahnya juga ada pasir kasar sprti yg di pt. kuta. Pantai Malimbu, pasir gileu, narmada smuanya indah. Sayang... gili-nya jg lum sempet aq didatengin. Ka'nya bisa barengan nih;))

tine said...

Mbak, tulisannya informatif banget ya..
Infonya dong kalo ke lombok dari bali naik kapal apa?
cuma Mabua express?
tiketnya berapa?
Aku rencana mau ke Bali trus nyambung nyeberang ke lombok.
Juga ada ref hotel yang murah meriah ga?
Thanks ya..

kjest said...

Tapi bukan cuma itu aja loh, di lombok kita juga bisa daki gunung, ya itu bagi yang suka mendaki c.. jangan lupa G. Rinjani kan gunung tertinggi kedua di indonesia..banyak wisatawan asing maupun domestik yang melakukan wisata pendakian..coba berkunjung ke situs dibawah ini untuk informasi dan tempat wisata menarik lainnya di Lombok:
wwww.anaklombok.com

J.Hermawan said...

Salam Kenal ya..., Cerita liburan yang menarik..., saya juga pernah ke Lombok trek ke G.Rinjani... bisa lihat di blog saya : http://jalurpendakianku.blogspot.com/