Wednesday, September 23, 2009

Lebaran

Hari Sabtu, saya sudah libur, pokoknya jauh2 hari sebelumnya saya minta "harus" libur dihari "istimewa" ini.....
I did it...yuhuiiii I did it...sebulan berpuasa walau godaan berjut jut...Am I a good person now? dunno
Meningkatkah rasa keimanan saya? jawaban pasti saya adalah "ga tau".....

Mulai Sabtu sore saya berusaha menghubungi "langgar" satu2nya yg ada di Island ini yg jaraknya kira2 50 kilo dari rumah saya lewat gunung, ih patah hati saya..."nomer yg anda putar is not in service" loooh piyeee????
Besok sholatnya dimana?

Dahulu kala ketika umat Muslim di Victoria dan sekitarnya blom begitu banyak, sholat Ied selalu diadakan di Univercity Chapel yg terletak di Univercity of Brittish Columbia, jadi hanya tinggal nyari info ttg jam brapa dan hari apa diadakannya...
Lucunya sholat Ied suasananya seperti pesta ultah...laah di mana2 balon jeh.

Karena umat Islamnya tambah banyak (entah itu kebanyakan immigran yg masuk ato apa), maka chappel yg hanya seupil itu ga lagi bisa menampung jamaah Sholat Ied.
Nah sejak 4 th yl. sholatnya selalu berubah ubah tempatnya, kadang di hall recreation centre, kadang di hall nya radio station..dll

Biasanya saya nelp. sehari sebelum sholat Ied diadakan, dan harus setelah sholat Magrib, karena begitu tersambung dengan telp. masjid, yg menjawab hanya answering machine, yg memberikan informasi tempat sholat Ied, waktu dan alamat serta letak bangunan yg dipakai. Jadi selama belum ada informasi ttg. Idul Fitri, answering machine itu biasanya hanya minta untuk ninggalin pesan (yg ngga pernah menelphon balik).

Ada rasa sedih dihati saya waktu saya tau bahwa saya ngga dapat informasi dimana sholat Ied diadakan, rasanya ada "sesuatu" yg hilang.
Setelah saya tidak bisa menghubungi langgar itu saya nelp teman yg rumahnya berjarak 350 kilo dari rumah saya...
Sobat saya yg berlainan agama itu langsung bilang.."kutemani Wied' aku datang besok kerumah kamu...(dan sobat saya yg lain yg tinggal di Victoria, juga berlainan agama bilang....lebaran dirumahku saja Wied, aku masakin)
Trus ada teman yg nelp. lagi...Mbak masak2 ngga lebaran? boleh ngga saya ikut merayakannya dirumah mbak? (dia tinggal ga jauh dari rumah sobat saya yg jaraknya 350 kilo dari rumah saya)

Iedul Fitri, hubby ga bisa ninggalin kerjaannya, tapi sahabat saya bersedia "menemani" saya merayakannya.

Kira2 jam 10.30 (tukang ngebut juga tuh sobat satu ini) mereka sampai dirumah.
Dia bawa 2 buah (zuchini, sukini....yg guedenya sekakiku...2 buah lagi....hasil kebonnya katanya). Hihihi...buat nggebug maling bisa kelenger tuh....
Lalu kamipun brangkat ke Victoria, saya bawa lontong, opor dan sambel goreng serta kue2 yg saya bikin.
Sobat saya yg di victoria ternyata lebih heboh....dia sudah masak terik ati, rendang dan juga lodeh serta krupuk dan emping....
Ber 4 kita makan2 makanan lebaran.

Setelah itu kami ke Mall dan ke China town. Sampai dirumah sudah gelap, tapi merka tetap melanjutkan perjalanannya ke "desa"nya.....350 kilo dari rumah.
Esoknya dia nelp. sampai dirumah jam 11 malam.....

thx sobat.....you're really sweet...so sweet

p.s : posting ini adalah jawaban untuk E_mail Dewi Sekar, sobatku di Surabaya yg pinter bikin novel.....

21 comments:

alamendah said...

Untuk lisan yang mungkin telah salah berucap, Untuk janji yang belum dan tidak bisa ditepati. Untuk prasangka yang kadang timbul dihati. Untuk komentar yang kurang berkenan, yang ungkin pernah saya berikan, dengan setulus hati, saya mohon di maafkan lahir batin. Saya dan Alamendah's Blog mengucapkan, Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1430 H.

Lukito said...

memang suasana lebaran akan berbeda jika kita sedang di kampung halaman sendiri. Anda hebat bisa melanglang buana sampai sedemikian jauh ke Negeri orang. Salam kenal dari Surabaya

Iksa said...

Kupat kecemplung santen,
sedoyo lepat sekeluargi nyuwun ngapunten,
Minal aidzin wal faidzin
mohon ma'af lahir dan bathin

[salam kenal .... senang bisa membac suka duka rekan-rekan yang berkesempatan tinggal di luar negeri ... menambah wawasan setidaknya]

nh18 said...

Selamat Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir Bathin ya

Salam saya

Ahmad Sahidah said...

Mbak, mohon maaf lahir dan batin. Semoga berkah selalu melimpah ruah.

Anonymous said...

Salam kenal Mbak dari ujung timur pulau jawa,
n Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1430 H. Mohon maaf lahir dan bathin.

Esti said...

Maaf lahir dan batin ya Wied. Mau nelpon kowe dari Malang, situasinya tidak memungkinkan. Ibu mertuaku sakit pas lebaran. Aku terbang dari Jakarta ya pas orang sholat Ied. Tiketnya ngga bisa ganti tanggal. Nasiiib..Terus balik ke Jakarta Selasa sore. Langsung ngabur silaturahmi ke Oom. Daftar yang dikunjungi masih antri he he..

linduaji said...

mohon maaf lahir batin
salam kenal

alamendah said...

Selamat malam semuanya

bloghicking aja, ah.
Mungkin ada yang new. he.. he..
Kopi sama pisang goreng juga mau, kok.

Pencerah said...

Met lebaran mb, mohon maaf lahir batin

Anang said...

moon maaf lahir batin ya mbakkkkkk

Anonymous said...

Itu mungkin yang namanya kerukunan umat beragama mbak... Ketika persahabatan yang telah ada terjalin dengan begitu indahnya, sekat-sekat agama yang kadang menjadi pemisah bisa lenyap begitu saja. yang ada hanya saling mengerti dan saling mengisi sesama kawan dalam susah maupun senang... :)

Selamat iedul fitri 1430 H ya mbak... Mohon maaf lahir bathin...

Salam, :)

Manda La Mendol said...

mbak wied...aduh pengen nemenin, ntar aku bawa kupang :)

Pakde Cholik said...

Kok crita sholat Idnya putus, jadi nggak dapat tempat sholat ya mbak ??

Trus kalau mbuat lontong dibungkus pake apa ? T-shirt atau kain jeans, kan nggak ada daun mbak.

Wah kayaknya seru banget tuh temannya, 350 km brangkat juga, berarti dia teman yang benar2 care yo mbak.

Yah, pokoknya suasana lebaran tetap ada ya mbak walau hanya 4 orang ha..ha..ha

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
Taqoba lallahu minnaa wa minkum
Shiyamanaa wa shiyamakum
Minal ‘aidin wal faizin
Mohon maaf lahir dan batin

Anonymous said...

Tetep semangat, Mbak!
Kita yang di sini selalu ada bersama Mbak.

Rezky Pratama said...

berkunjung sambil ngucapin mohon maaf lahir batin

SinceYen said...

Wied, biar kata telat, met lebaran ya. Maap nih kalo ada salah kata :)

Anonymous said...

Setidaknya bisa menikmati lebaran dalam suasana yang berbeda.

Puspita said...

Selamat malam.

Selama lebaran hati saya bersama mBak, karena ada beberapa kue, ice cream dan candy yang saya buat secara tidak langsung mengingatkan saya pada mbak Wieda. Terutama yang berbahan berry-berry.

Salam kangen.

Bangsari said...

350 kilo??? berapa kecepatan nyetirnya yak? kalo disini, pas lebaran, ditempuh dalam sehari semalam tuh. *geleng-geleng*

Unknown said...

met Lebaran Mba... maff lahir bathin.
hmmm...coba Lebran kmrn mudik, tak bela2in ke Semarang dech, jumpa Mba Wied ama Budhe Kenny hehehe... :D