Thursday, November 19, 2009

San Diego







Perjalanan dari Palm Spring ke San Diego lewat jalan gunung ini membuatku ingat lagunya Ebiet...."perjalanan ini terasa sangat mengesankan, sayang kau tak ada disampingku kawan, banyak cerita yg harusnya kau saksikan, ditanah kering bebatuan...."
Tapi ngga ada cerita sedih di tanah itu, cuma jalan yg berlenggak lenggok dan naikkk kepuncak gunung serta batu2 coklat sejauh mata memandang yg menjadi pemandangan ber jam2...
Dan di tempat2 pemberentian "view point" selalu saja menarik, karena nun jauh disana di hamparan batu masih terlihat rumput2 coklat di sela2 batu cadas, dan dibawah sana pemandangan "hijaunya padang golf" di Palm Spring....

Nama2 kota di California ini semua berbau Mexico, seperti Los Angeles, San Diego, El Centro, San Francisco, San Antonio...dll
Makanya saya ter heran2 klo ada yg "risih" dengan orang2 Mexico, karena menurut saya California ini identik dengan Mexico, dimana mana restaurant Mexico, di ladang2 semua orang2 Mexico yg bekerja bahkan di hotel2 pegawainya hampir semua Mexican....

Nah di San Diego, kami menginap di hotel Kuno "Park Manor Inn", jaman dahulu kala hotel ini pasti sangat mewah dan megah, letaknya di dekat pusat kota, di sebelah "Balboa Park" yg ngga jauh2 amat dari kebon binatang.
Interiornya bangunannya kuno tapi tidak kusam, kursi2 nya ber ukir2 dan gede2, kamarnya luas tapi heater dan tempat tidurnya kuno...(maka saya menyebutnya haunted hotel)
Laundry room terletak di lantai paling bawah (basement) karena saya butuh nge laundry, maka terpaksa hubby mengantar saya ke laundry room, dan setelah masanya masukin ke dryer, Mark yg turun kebawah untuk memindahkan laundry saya.
Sejam setelah itu giliran saya dan hubby untuk ngambil cucian yg telah kering...hehehehe klo ingat jadi ngakak juga...karena saya tidak berani naik lift sendiri di hotel ini.

Sore harinya kami jalan2 ke pusat kota San Diego ini melewati Balboa Park, banyak orang2 yg di Park ini, karena udara yg sejuk dan pepohonan di mana2.
Dasar orang2 dari desa, mau ke Mall saja ngga tau arah...maka kami bertanya pada pejalan kaki dan jawabnya ikuti saja jalan ini kira2 3 blok lagi, dan setelah berjalan kira2 3 blok, saya bertanya lagi...jawaban yg saya terima..tuh dibawah sana.
Kamipun berjalan sambil melihat bangunan2 yg arsiteknya berbau Spanyol (ih sok tau)...hihihi soalnya arsitek bangunan2 kuno mengingatkan pada film Zorro, pohon2 palm, pohon pisang2 an yg disebut "bird of paradise", kembang sepatu dan bougenvillia tumbuh subur disini.
Nah jalan2 yg cukup jauh ini membuat saya lapar, maka kami berhenti di rumah makan Thai, disitu pesan spring roll dan Pad Thai, enak oiiii...bener2 enak.
Setelah makan saya bertanya ke waiternya dimana letak Mall nya...jawabnya membuat saya melongo....2 blok kearah saya datang, hahahahaha ternyata kami jalan terlalu jauh, dan harus kembali 2 blok lagi aduhai betapa kaki saya bakalan pegel.
Waktu sampai di Mall, sudah hampir jam 6 sore..mall hampir tutup ..hehehe lengkap sudah cerita ini, cerita orang2 desa yg kesasar di kota gede.

Esok harinya kami pergi ke "San Diego Zoo" mo liat orang utan....kekekekekekeke
Klo jalan kaki dari hotel "hanya" 1 mile, tapi kami milih naik mobil saja, karena di kebon binatang itu kan harus jalan kaki???
Dengan karcis 35$ seorang kami masuk ke Kebon binatang yg aduhai luas ini, dan 35$ ini termasuk untuk naik sky Train dan bus didalam kebon binatang ini (jadi bisa dibayangkan luas nya kan?)
Dengan berbekal map kami mulai jalan, pertama kami menuju ke kandang harimau, dimana kami melihat harimau sumatera dan juga harimau India, dan cheetah, cougar, puma, phanter dll...
Lalu kami nyasar ke kadang Tapir wow..saya melihat binatang langka ini di Amerika...
Lalu di kandang burung saya lihat "jalak Bali" yg konon sudah langka di Bali, tapi dikandang ini ada beberapa dan di lain kandang ada lagi jalak2 bali ini.

Di jalan dekat jembatan yg ada aliran sungainya kami berhenti, dan hubby melihat pohon "aneh" ini pohon apa yah? Mark bilang rubber Tree...eh saya ikutan melihat...oh no....ini pohon Duwet (jamblang) kata saya sambil meraih buah jamblang yg sudah hitam...dan saya makan. Hubby kaget..jangan dimakan, kamu kan ga tau ini buah apa?? I know well....ini pohon jamblang, dan saya ambil lagi satu buahnya saya kasih ke hubby, dia makan dikit..takut bikin sakit perut hahahahaha.
Setelah itu kami menuju ke tempat "Panda"..wow pandanya ada yg baru saja melahirkan, tapi sayang baby panda hanya bisa dilihat dilayar tv karena masih terlalu kecil, nanti klo sudah 4 bulan umurnya baru diperlihatkan di umum.
Disitu ada 2 panda dewasa yg sedang tiduran di pohon. Binatang ini kelihatan sangat cantik, padahal kan sejenis beruang yah?
Perjalanan berikutnya adalah "birds show", mau melihat burung2 beraksi.....tapi dijalan menuju ke arena pertunjukan saya melihat pohon pisang banyak dan banyak yg sedang berbuah (Mark ponakan hubby blom pernah melihat buah pisang di pohonnya, jadi kami berhenti dan melihat), nah ternyata kami berdiri di bawah pohon jambu....hubby melihat buah2 jambu yg ranum2 itu langsung bertanya..ini kan guava yah? saya jawab yup ini guava (jambu biji), langsung hubby meraih buah jambu yg ranum satu diberikan saya dan satu dimakannya sendiri..wuihhhh manis banget oiiii, Mark ponakan hubby cuma nggigit dikit. Ternyata disitu ada tanaman buah naga, belimbing cocoa, kopi dll.
Hihihi di luar nya ada tulisannya dilarang memetik buah2 an....telatttttttt...kami udah nyolong jambu

Bird show selalu mengesankan, dimana burung2 nya pinter2 dan macam2.
Yg paling mengesankan adalah burung kakatua yg bisa nyanyi satu lagu full...juga Crow yg tau duit...hehehe ada penonton yg volunteer megang duit 1$ dan si burung ini langsung menyambar duit ini lalu terbang ke pelatihnya dan masukin duitnya ke kantong si pelatih....loh koq kamu nyolong duit??? neeh kembaliin yah ke yg punya dan duit itu dilipat sambil diselipin kupon untuk ice cream...eh si burung langsung terbang dan memberikan duit itu ke yg punya.....
Diakhir acara disediakan kotak amal...hihihi yg jaga si burung crow (gagak) itu, setiap orang berbaris dan ngasih duit ke burung itu yg langsung dimasukkan ke kotak amal. Nah saya memberikan 5$ dan dikasih gelang karet yg bertuliskan "fly free" untuk menolong Californian Condor yg populasinya menipis.

Setelah puas jalan2 di kebon binatang, kamipun kembali ke Hotel, sorenya kami jalan2 lagi kearah berlawanan ( jadi tidak kearah down town. Ternyata banyak sekali restauran tersebar didaerah ini, ada resto Afganistan, Vietnam, Thai, Jepang, Itali, China dan juga Mexico.
He he he ternyata saya ngga nemu Indonesian Restaurant disini.....sayang yah? pasti ada Indonesian Restaurant, cuma ngga ketemu.

Kami memutuskan untuk mencoba Pub Restaurant Mexico, namanya lupa...tapi bangunannya khas banget dengan warna warni menyolok khas Mexico, restauran ini terbuka dengan musik yg agak "bising".
Ternyata hari itu, yg special adalah "slider" ( mini hamburger, dari daging giling, ayam atau steak) "all you can eat slider" harganya empat dollar sembilan puluh sembilan sen. Minuman? two for one...jadi beli segelas dapat dua gelas dengan harga 7$.
Nah saya pesan Pina Collada (non alkoholic), hubby pesan Tequilla sunrise, Mark pesan Margaritha.
Kami semua pesan slider, eh ternyata di piring gede, ada 3 slider (ayam, daging sapi giling dan steak) nasi Mexico dan black bean.....
Nasi Mexico itu nasi kuning (dikasih warna) dan gede2....klo black bean (kacang item), selalu saja menemani semua makanan Mexico
Rasanya enak, tapi saya makan 2 slider (ayam dan steak dan sedikit nasi dan black bean, rasanya sudah sangat kenyang
Hubby dan Mark pesan piring ke dua slider (kan all you can eat, jadi sebanyak apapun yg dimakan harganya ya 4.99$), tapi di porsi kedua hubby klenger, demikian juga Mark...hehehehehehehe
Setelah makan, kami kembali jalan ke hotel, masuk2 in semua barang2, karena kami berencana pulang ke Island keesokan harinya.

to be continued......hihihi

21 comments:

Bangsari said...

hihihi. jauh jauh di amrik ketemu jamblang juga. :P

Manda La Mendol said...

wong Mexican ganteng-ganteng nggak mbak ? koyok Mas Antonio Banderas nggak ?

btw, liburan kok onok acara umbah-umbah seeeeeee

amethys said...

@Ipoul : laah jamblang kan buat "kenangan" ...masa kecilku suka ngambilin jamblang rumah tetangga, makanya makan cherry mbayangin jamblang...laah ini nemu jamblang tenan ya langsung emplok :D

@jeng Mendhol : orang Mexico beragam Ndol...yg kaya mas Antonio Bandera buanyak..yg "biasa2" saja lebih banyak...hehehe
Laah namanya "travelling" ya bawa bacu secukupnya..wong di Amerika tuh tempat Factory outlet nya nyebar buanyak...jadi klo ke Amrik bawa baju dikit..pulangnya mobil penuh blanjaan

M Mursyid PW said...

Salam!
Lama ndak mampir ke sini.
Wonderful journey!

Evi said...

ke kebon binatang ketemu sodara ya Mba...? kyk anakku hobby ke kebon binatang, "liat nyet-nyet Nda..." katanya.

edratna said...

Jamblang? Hebat...mungkin kalau nggak ada buahnya, saya udah lupa tuh kalau ketemu pohon jamblang. Jadi ingat ceritanya SH Mintardjo, Api di bukit Menoreh, yang menceritakan tentang hantu pohon jamblang...hahaha...

Btw, suami nggak sakit perut kan? Memang katanya perut orang Idonesia tahan banting, tak mudah sakit perut, gara-gara suka makan di Amigos (agak minggir got sedikit).....hehehe..
Ceritamu indah lucu dan seru...sambil membayangkan betapa pegalnya kaki saat cari Mal

mercuryfalling said...

ditempatmu wong mexico dkit kah, wied ?

ditempatku jangankan yg kayak banderas, mirip jempolnya aja gak ada hwhehe ya soale banderas memang bukan mexican sih.

Tuti Nonka said...

Ke San Diego nonton orang utan? Walaah ... bukannya orang utan itu dari Indonesia?

Perjalanannya asyik ya Mbak (*ngelamun, kapan saya bisa sampai ke sana*)

Anonymous said...

uenak tenan ke AMrik, Semoga saja saya bisa ke sana. setelah cita-cita saya keliling Indonesia pake motor abis kelar kuliah terlaksana.


salam kenal mba dari cah Brebes!

tupaitambun said...

Wuuuih, kapan ya saya bisa ngunjungin tempat2 diluar negeri sperti ini... :)

oh ya, salam kenal

Puspita said...

Ternyata di Amerika ada djuwet.

asyik ya mbak bisa jalan-jalan, saya juga lagi mengikuti perjalannya ArleneBlum ke Annapura (Himalay) meskipun sebatas membaca bukunya.

Ada Bit merah? Banyak kasiatnya saya ingin menanam pohonnya untuk dibagi.

Salam kangen.

Pakde Cholik said...

Reportase travellingnya mantap mbak,gambarnya bikin ngiler. ternyata mbakyu paparazi handal juga ya.

Saya pengin jalan-jalan lagi nich mbak. Dulu saya tour ke wilayah Nevada mbak ke Las Vegas, Grand Canyon,dll.Asyik benar ya.

Terima kasih artikel yang menarik.
Salam hangat dari Surabaya

Mataharipagi said...

lagi=lagi cuma bisa meri

ingafety said...

mbak wied lagi jalan-jalan nih :)
di tunggu lanjutannya..

pipit said...

mbak, saya nyesal nyasar ke sini dari blognya Manda. bikin siriiiiiiiiik jalan-jalannya.... ;D salam kenal ya

Iksa Menajang said...

He he he mantap nih ... istriku dulu (lebih dari 15 tahun lalu) kuliah sambil kerja di San Diego ...

adelays said...

Kalau cerita tentang Ebiet, dimana mbak teringat lagunya,
Dua hari yang lalu saya bertemu beliau dalam acara Tahlil 40 Hari mengenang Gus Dur.

Budayawan, tokoh berbagai agama dan para Artis termasuk Ebiet hadir, ikut mendoakan.

Hmmm.., pengalaman yang mengesankan mbak. Saya selalu berangan2 ingin jalan2 kesana.. tapi belum kesampaian.

obat kuat lelaki said...

obat kuat herba max menjawab dan membantu semua masalah anda dengan terapi obat-obatan herbal yaitu cara yang aman, tanpa efek samping dan tidak membahayakan bagi tubuh kita. DISTRIBUTOR RESMI HERBAMAX : http://jamu-obat-kuat-herbal.blogspot.com

peluang usaha waralaba franchise said...

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

waralaba / franchise bimbel - peluang usaha modal kecil hasil maksimal

rental mobil - sewa mobil - portal said...

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

Kami menyediakan informasi agen rental mobil dan sewa mobil Paket sewa mobil harian, mingguan dan bulanan.

Sindonews said...

Wah, liburan ke Mexico ya?
Suasana di sana sama nggak mbak dengan di Indonesia?


Halo Muda Teknologi Dunia