Friday, March 14, 2008

ngosipppp yukkkkk

Tiap baca di blog2 yg muat tentang Chitah Lawrah...saya bingung (he he he tak pikir tadinya tuh singkatan Cintah ama pak Luwrah) katroookkkkk...

Tapi gitu ngeliat pic imut2 si anak cantik jelita yg ternyata umurnya baru segitu ( laah jari tangan dan separoh jari kakiku pas jeh buat ngetung umurnya) aku jadi penasaran...mulailah saya mencari siapa seh anak kecil cantik yg mbikin heboh sana sini???

Eh ternyata karena dia tuh cara ngomong "bahasa" (istilah orang2 sini klo nyebut bahasa Indonesia) aneh..karena memang blom "fasih" ngomong bahasa ibu....

Nah....ingatan saya (mulai ngegosip deh) adalah acara kumpul2 yg berakhir dengan dengkul saya yg mrempul....

Waktu itu ada kumpul2 bersama masyarakat Indonesia di daerah tempat tinggal saya yg dikelola oleh konsulat.
Nah karena saya ini termasuk "warga negara" yg blom ganti paspor, makanya termasuk yg diundang...
Pas saya datang, melenggang bertiga sama teman saya dan satu brownies krebo dari Sumatra (hihihi co satu ini lucu, aneh2 tingkahnya...mbikin ngakak mulu), disana di restaurant sudah penuh dengan rombongan masyarakat Indonesia dan keluarganya..
Saat itu hubby saya lagi kerja di luar kota, dan hubby sobat saya juga blom pulang dari tugas....jadilah kami (saya dan teman saya) dikawal brownies asal sumut....

Biasa kan klo kumpul2 gitu pasti salam2 an...saling memperkenalkan diri, senyam senyum.....
Trus saya duduk, datang seorang gadis kulitnya segelap kulit saya, rambutnya panjang dan masih muda belia. Dengan gaya tante2 (girang), wong make senyam senyum, saya sapa dia.....:

sy : eh blom kenalan yah???
dia : (nunjuk ke dirinya dengan logat aneh) me?
sy :( ngangguk2, dan tetep senyam senyum) namanya sapa???
dia : me?.......Sue (wuihhhh kaya film croc dundee )
sy : (penasaran, tetep senyam senyum) Sue sapah????? dari manah???? (medok buanget ik)
dia : Sue......sugemi
sy : (bingung, sugemi udah plegak pleguk ngomong bahasa Indonesia?) udah lama yah disini??? dari mana?
dia : 2 th, me? dari surabaya
sy :(sambil ngebayangin tahu campur lamongan yg sueger di kertajaya), wow...surabayanya mana?????
dia : (pelan) blitar....
sy : auooooooooo.....(kaki saya ditendang sama sobat saya, dia melototin saya)

wow......sejak kapan Blitar itu di Surabaya??? wah...senyam senyum saya ganti senyam senyum geli
Laah saya dan kawan saya yg tinggal dan kerja ber tahun2, lebih dari satu dekade saja ngomong masih medok, laah yg baru 2 th koq udah lupa2 (ingatan??) ...hihihihi

35 comments:

mercuryfalling said...

lol aku baruuuuu aja baca ttg cinta laura kekekekkekk kesini kok cuna syusyi juga

sue.......gemi

*ngakak berguling guling

venus said...

SUE???? wakakakaka....

wah, amnesia akut kui, mbak. baru dua taun udah gak bisa bahasa indonesia, hihihi...

iman brotoseno said...

saya buatin akunnya mau.
http://suegemimerantau.wordpress.com

elyswelt said...

ndak mbok ngomongin boso jowo pisan Wied :D wekekekekek .....

Bangsari said...

wakakakak. benar benar sindrom kota besar.

oon said...

dijalan blitar surabaya kali itu amigo?

kalo yang lokal...dari dusun pinggir hutan, mrantau ke-njakarta, pas mudik lebaran...wis ra iso ngemeng boso njowo...neng ang-des nganggo stocking bolong²....kasian, mau nggaya malah jadi bahan ledekan

Kenapa ya???... said...

Eh... dimana2 sama, Kalau di Jakarta ketemu orang Semarang, pas ditanya Semarangnya mana??? jawabnya bisa Kendal, Demak, Ungaran, dlsb... Kalau ketemu orang lain yang katanya wong Solo, harus juga ditanya lebih lanjut, Solonya mana? bisa jadi dia dari Solo Kemringet.. itu istilah utk daerah2 sekitar Solo (Boyolali, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Klaten)... karena masih banyak keringat yg harus dikeluarkan untuk sampai ke alamatnya...

Aris said...

Inget temen2 kalau ditanya tinggal dimana? jawabnya BSD? Bukan Bumi Serpong Damai, tapi Bekasi Sonoan Dikit alias Tambun dan Kerawang.

Salam ya utk Miss Sue .... Sue Ora Jamu hehehe

sayurs said...

*ngakak sik*
lha Wieda juga asline mana to ?
tepatnya ? :P

Esti said...

hua ha..ngakak habis ngebayangan gaya bahasanya org Blitar itu lho. Jadi ingat anakku protes gara-gara ibunya ini medok banget Jawanya. Aku jawab, udahlah, yang penting itu kalo ibu ngomong bahasa Inggris semua bule dikantor ngerti kok. Ngga usah lidahnya dilipat-lipat

ペコchuu_ said...

emang blitar tuh dimana sii?? xDDD

tapi serius, daku ga tau Xb

Vina Revi said...

hahaha! biasalah ... biar keliatan agak gaul. Wong dari Blitar aja kok ya belagu gitu .. :)

cewektulen said...

orang sukoharjo selalu bilang berasal dari Solo, dari weleri ngakunya dari Semarang aya2 wae..

angin-berbisik said...

hihihi lucu amat...Sue...ketoke namanya kan keren...suegemi...kok kaya namanya wong jepang yo mbak?

-Fitri Mohan- said...

huahahahahahhahahaha. blitar di surabaya? itu udah peta indonesia buatan buceri (bule celup sendiri) tuh mbak.

ichal said...

wow......sejak kapan Blitar itu di Surabaya??? wah...senyam senyum saya ganti senyam senyum geli

(nah yang ini bikin senyum!!!)

anginbiru said...

namanya Sue,,

asal Blitar,, ngaku Surabaya...

coba dicek cara ngomong "gede"-nya.. "gewedi" bukan..? wkeke..

sumpah,, ngakak baca postingan ini..! kekeke..

theloebizz said...

hihihihii...cintah lawlah makin terkenal aja euy! hehehe...btw kena amnesia ato emang dari dulu ga ngerti geografi tu org??uuppsss... lam kenal :)

artja said...

itu mungkn bukan lupa ingatan, tapi lupa bawa paspor, makanya bisa salah sebut kota asal gitu.

stey said...

ahhh cincha..
she's so exotic..
ujhan ujhan bechek bechek ga ada ojhek..:)

stey said...

biar sue..gemi juga yang penting keluar negeri tho mbak..hehehe..

kenny said...

pas naek pesawat...gemi nya kena angin sampe, canada tinggal sue nya aja.

perasaan dah komen postingan ini kog gak ada, wah..kabur pisan

intan said...

Duhhh... no comment dah.. Denger2, bahasa Jawa dikhawatirkan punah lho.. Duh Sue, bantu kita dunk supaya Bahasa Jawa tetep lestari:)

Dew said...

Mirip temen sekolahku. *nggosip yuuuk*
Waktu masih di Jkt, kami ada acara ngupi sebulan sekali. Ada seorang yg ra sudi lg ngomong Jowo. Tiap ngupi2 dia plirak-plirik ke meja tetangga sambil sibuk ber "shhh... jgn keras2 ngomong jowo-nya doong!"

Sekarang gak ada yg ngajak dia ngupi2 lagi. Kesian juga.

endangcinta said...

whahahahhaha......kok yo gengsi beneer ya, ngakoni asal dan namanya sendiri..

bbrp waktu lalu ada temenku 9 ( udah kyk sodara ) bule canada datang ( dia di vancouver, mbak wieda dimana sih?)....tiap kali disini selalu bilang namanya Bejo....krn sama kakakku dipanggil gitu dan waktu dia tau artinya, dia lebih seneng lagi....

BUDI MARYONO said...

Baca postingan ini, aku ngakak Wied. Lha baca aneka komennya, malah tambah ngakak. Pahala si Sue itu gede banget, bisa bikin banyak orang ketawa. Hahaha....

Since-Yen said...

Hehehehe... sori terkekeh aja aku, inget crita temenku di sini yg juga kesel ama kenalan dia dari Indonesia yg tinggal di sini baru beberapa taon tapi gayanya tuh seolah udah lupa bahasa sendiri. Hehehehe... geli deh kalo inget sewotnya temenku itu, walopun di sisi lain aku ngerti keselnya temenku itu :D
Tapi konyol ah, bahasa sendiri dilupain, kalo 1-2 kata sih, oke lah, wajar aja, tapi kalo sampe udah terbata-bata begitu? Wah... kacang lupa kulit tuh.

kw said...

ha ha ha... masih saja ada orang-orang yang berusaha mengingkari masa lalunya.

salam mmmuucaachhhh buat sue....:)

Si Jagoan Makan said...

Untung masih ngaku kalau namanya suegemi..coba 5 taon lagi pasti diganti jadi Suzy

surya said...

hehehe... makasih mkasih, masih inget sama gw yg amit amit hehehe... masih betah di kanada ya mi? pulang dong!

elly.s said...

wakakakakakak.....
banyak yg kesindir pasti wied...

Anonymous said...

minat baca bukunya? saya punya. apa emailnya nanti saya kirim. filmnya konon juga sudah beredar di internet.. tp saya blm nyoba nyari2 :)

Mamah Ani said...

dimana mana sama ya..rancaekek-majalaya-ujungberubg juga bandung koq...hehehe
itu gejala lupa bahasa sndiri terjadi dimana mana...coba yang kerja di malaysia, di arab..atau bahkan yang merantau ke jakarta udah lupa dengan bahasa dan logat ibunya.....secara,gwe gitu loh...hehe

mei said...

tak rewangi nggosip =)

khan anak sini ada yang kancane artis si chincwa kui khan..trus katanya ternyata dia itu bukan sok gak ngerti boso inggris, tapi ancen gayane ngunu...lha lucu maneh..mosok mau belajar bahasa indonesia di australia...OMG(gaya bencis sedang shock...hahaha)

yossy hamdan said...

Sugemi .. jadi Sue... Hahaha, kreatif juga tuh si mbak'e..