Monday, November 13, 2006

Salmon run


Sudah ber hari2 ini hujan ...tiap hari hujan ..brenti sebentar..trus hujan lagi..
Dulu aku tuh selalu ter heran2 lha hujan koq awet..betah sampai ber hari2 bahkan sampai seminggu...hujaaannnnnn terus.

Bulan2 November - Desember ada "tradisi" untuk ikan2 Salmon...mereka spawning....ikan2 itu kembali ketempat mereka ditetaskan .
Mati2 an mereka kembali ke hulu sungai....sampai badan mereka penuh luka dan warna kulit mereka jadi menguning dan jelek sekali...trus bertelor...dan mati.

Tidak jauh dari tempat tinggalku....ada hulu sungai dimana ikan2 Salmon itu ber spawning..nah ditempat itu bulan2 seperti ini selalu ramai dikunjungi...dari scientist sampai tourist, dari crow, seagull, eagle sampai black bear..semua ketempat itu....
Scientist tentu saja meneliti brapa banyak salmon yg spawning tahun ini...dan mereka berusaha menyelamatkan telor2 nya (ih sok tau yah aku??) dari predator2....

Tourists ...mereka ingin melihat,gimana gigihnya salmon2 itu berjuang mencapai tempat asal muasalnya....(padahal baunya amissss buanget)
Burung2 dan black bear tentu saja memakan salmon2 itu
Hulu sungai itu kalau pas tidak ada hujan airnya sedikit sekali...jadi kita bisa melihat warna kulit salmon yg cenderung berwarna merah pink..berubah menjadi kuning dan penuh luka karena goresan2 batu..

Tapi kali ini hujan seminggu sehingga hulu sungai penuh dengan air..(sehingga aku tidak bisa meng capture spawning salmon dengan baik).

Yg menyedihkan adalah berita tentang salmon2 ini.....2 th yang lalu...menurut laporan scientist 60 ribu salmon spawning, dan tahun yg lalu hanya 5 ribu salmon spawning, tahun ini belum ada laporan..karena masih dalam proses spawning...
Tak terbayangkan olehku, kalau kelak ramalan scientis dunia itu terjadi benar....th 2046 bakalan tak ada ikan tersisa dilaut.....ih ngeriiii
Aku berharap semoga ramalan ini tak terjadi..karena manusia akan menjaga kelestarian laut dan seluruh isinya.....semoga

PS. : menurut laporan di internet..didaerahku ini 2 th yg lalu 300 burung eagle datang untuk ikutan pesta makan salmon yg spawning....th lalu "hanya" 25 eagle yg datang.....tadi pagi pas aku mengunjungi tempat "salmon run" aku tak melihat burung eagle ....sedihhhh yah???

14 comments:

Anonymous said...

Sama Wied, di tempatku juga lagi hujan, nggak terus menerus sih, kadang juga muncul tuh matahari.

Aku suuuuka sekali nonton di tv laporan tentang perjuangan ikan2 salmon seperti yg kamu ceritakan diatas. Juga tentang beruang2 yg sengaja menunggu saat ikan meloncat2 lalu langsung mencaploknya. Sering aku liat laporan seperti itu disini Wied.

semoga nggak terjadi deh, ngerii kalau nggak ada ikan lagi.

mei said...

ikan salmon???wahh suka banget tuh makannya, di goreng biasa aja atau di cabein...hihi, jadi ingat kalau di frezeer masih ada stok ikan salmon nih, di jakarta 2 ekor 9rb lo jeng=)

kenny said...

sbl si sal bener habis, mbok di panen trus di frozen dulu mbak pet..muahilll lho salmon disini

Anonymous said...

wah seru yah ada bermacam-macam binatang yang ga mungkin ada di sekitar rumah ku hiks hiks disini cuma ada kucing doank plus "laron" yang menandakan udah akan banjir :)

amethys said...

ely : datang dunk kesini pas falls gini..bisa liat "spawning salmon" ga jauh dari rumahku (hanya 10 menit driving)...semoga deh manusia akan melestarikan alam da seisinya yah??

mei : wah murah banget tuh salmon nya...di sini saja klo mancing salmon seorang ngga boleh lebih dari 4 ekor...dan besarnya harus memenuhi syarat, klo ditoko seekor salmon (kira2 3 ato 4 kilo) harganya paling murah 20$

kenny : jangan dunk..kita harus menjaga jangan sampai dunia ini rusak dan penduduknya punah..juga termasuk ikan ..:)

Arief : setiap daerah ada keistimewaannya sendiri....coba deh amati, kebetulan aku tinggal didaerah yg sangat indah, bebas dari polusi dan dimana wild life masih banyak....silahkan kalau mau datang...aku bakalan welcome.

Anonymous said...

ah, aku penyuka hujan. apalagi kalo mau summer begini, mending hujan aja dech. Salmon?? barusan kumasukkan microwave tuch, buat makan malem.

Larasati said...

emang udah siklus kehidupannya salmon begitu kali mbak...ngendog, netes, dewasa...kemudian mati...meski mati tapi kan udah ngendog duluan jadi ya tetep ada aja asal nggak dijaring sama orang2 penggemar pepes salmon.. :D

amethys said...

dirac : hehehe lagi storm disini....tapi di daerahku dead calm...hujan emang indah...tapi klo 2 minggu dur blas..jadi capek..soalnya mau keluar rumah malas.....hihihi

Larasati : iyah siklus ikan salmon emang gitu..lahir di hulu sungai gede di laut lepas...dan ketika merasa udah penuh telor kembali ke hulu untuk bertelor dan mati....
sedih klo ikan ini punah...karena ikan ini sangat terkenal di daerahku.. palagi smoke salmon bikinan Indian..
dan kabarnya nee....salmon oil bagus untuk sendi2 klo pegel linu...hihihi...promosi jamu lagi ah..:)

suhaemy said...

Semoga ramalan para scientist itu salah, seiring usaha kita untuk melestarikannya.

Anonymous said...

you need a better camera

Anonymous said...

and btw, different salmon spawn at different time of the year. Some spawn in the fall (e.g. coho) and others do it in the spring (e.g sockeye).

amethys said...

suhaemy : semoga....aku juga ga mau laut tanpa ikan...

koko : yup..I need to learn more..and a new cam..:D
thx a bunch

A B A N G said...

Waah ... aku jadi inget mancing libur thanksgiving kemarin di Matagorda, dapet red fish segede kaki kamu Wied, ini fotonya :

http://pic50.picturetrail.com/VOL486/2221425/13938989/209937171.jpg

A B A N G said...
This comment has been removed by a blog administrator.