Thursday, January 17, 2008

Tempe oh tempe.....kemana larinya kedele?

Tempe bacem, tempe goreng, tempe lombok ijo.....sambel tempe....wuiiiihhhh semua enak tenan...semua bikin makanku nambah dan nambah

Konon, tempe itu makanan rakyat jelata yg berprotein tinggi, yg sangat baik untuk kesehatan para wanita...(kata seorang peneliti terkenal looh).
Pokoknya apa2 dari dele, itu sangat sehat karena proteinnya itu looh.

Lha koq sekarang harga dele jadi membumbung tinggi di tanah air tercinta, kemana larinya dele2 itu?
Trenyuh mikirnya, tempe itu kan makanan murah rakyat, tapi menjadi go International, sampai diaku oleh Jepang sebagai produk asli (padahal teman2 ku yg orang Jepang ndak tau apa itu tempe) he he he...aneh yah
Coba kalo orang Indonesia ....ngga ada yg ngga tau tempe, biar anak konglomerat ato anak orang biasa pasti tau "tempe".

Disini, di grocery store, tempe dijual dalam bentuk burger, namanya? keren oiiii. "Tempe burger" mau tau rasanya? .......ndak enak blas, aneh......he he he.
Trus kalo di "health food store" dijual macam2 "tempeh" ada "tempeh" produksi lokal dari Vancouver island, dari macam2 biji, bukan hanya dari kedelai saja...tapi mereka mulai membuat dari biji2 an lain......(rasanya? ya aneh, tetep tempe Indonesia nomer satu)
Yg termahal harganya adalah "Tempeh ala Indonesia" sepapan kecil lima setengah dollar......(lebih mahal dari daging oiiiiiiii)

Bagi kami orang2 Indonesia yg tinggal sekitar Vancouver, sangat gampang untuk mendapatkan tempe. Ada beberapa orang Indonesia yg memproduksi tempe, persis seperti tempe di Indonesia, bahkan ada yg memproduksi "kripik tempe" enakkk...
Tentang harganya? kalo ditoko se papan kecil mungil harganya $1.30, klo pesen ke ibu pembuat tempe harganya ngga mahal2 amat (agak gede dan harganya $1.30).
Jadi tempe memang sudah "mendunia". Vegetarian2 sangat senang makan tempe ini, karena sangat sehat....kata mereka.

Trus ada yg nge top saat ini, "Edamame" itu tuh kedele rebus....hehehehe yg ini jelas2 ala Jepang. Tapi kedele satu ini gedhe2, mungkin klo di Indonesia namanya jadi "Dele bangkok" kan apa2 yg gedhe2 di Indonesia itu pasti "bangkok" contohnya :
ayam bangkok, jambu bangkok, dll.
"Edamame" ini di resto2 jadi cemilan....lumayan jadi mahal harganya. Padahal klo beli di toko dikemasan plastik harganya murah, dan tinggal dimasukkan ke microwave selama 3 menit. Rasanya? wuihhh kaya dele yg dulu waktu kecil saya sering membelinya di pasar....trus makannya sambil duduk dilantai, dan kulitnya kesebar di mana2.....
cian Mbah Yem harus mbersihin..

Kalo sekarang di Indonesia pedagang2 tempe gulung tikar karena harga dele yg melonjak tinggi, terus bagaimana dengan gizi anak2 balita anak rakyat jelata?
mengapa dele menghilang dari pasaran? pasti Indonesia sekarang ini sudah tidak lagi memproduksi kedele, karena lahannya yg rusak (looh koq nuduh ki piye?), trus kedele2 itu datang dari California, dan karena harga bensin membumbung tinggi maka harga delepun melangit....

sedihhhh.....oh tanah airku tercinta....mengapa kesedihan dan kesedihan yg terjadi?

21 comments:

Aris Heru Utomo said...

Dulu banyak yg tersinggung kalau kita dibilang sbg bangsa tempe. Tapi skrg utk bikin tempe saja susah, krn ternyata kedelainya impor. Wah ternyata utk menjadi bangsa tempe pun susah juga ternyata ... salam

de said...

yang jelas tempenya ngga bisa lari. wong ngga punya kaki :P

endang said...

tempe di Malang, di Solo.....itu lebih enak lho bu drpd di jakarta....yg di Jakarta gak bisa kering, begitu dingin ya udah lemes lagi. Gak bisa bikin mendol !

kenny said...

moga2 tempe disini gak ikutan ngilang, he eh edamame disini agak mahal jg klo makan susah stop oiiiii

ndahdien said...

produksi kedelai di indo trnyata mlempem sama ka' beras dan semua produk agraris yg harusnya bisa dibudidayakan ga' diperhatiin pemerintah. kedelai impor yg dr amrik katanya jg "seharusnya dilarang" krn kedelainya hasil transgenik yg punya efek brbahaya bagi tubuh.

jadi gimana dunx?? tempe masih termasuk makanan sehat pa bukan?? hiks... kangen mendoan purwokerto;(

Si Jagoan Makan said...

Saya termasuk generasi 3T, Tahu Tempe, Terus-Terusan.

iman brotoseno said...

kalau bisa pesen tempe sama ibu ibu tadi..bisa sekalian pesen sambel bawang tempe..hmmm
( btw tinggal di Vancouver ?..saya pernah ke Whistler dulu )

Muhammad Mufti said...

Dari dulu rakyat kecil terus yang jadi korban. Minyak tanah langka, sekarang tempe yang bahan bakunya susah didapat. Dah merdeka 60 tahun lebih masih saja susah cari makan.

A B A N G said...

Jadi ... arti dampratan "dasar lu manusia tempe" akan berobah-obah sepanjang zaman, sekarang artinya "manusia langka ... "

mercuryfalling said...

keripik tempe ? kirim donk, wied.....hikhik

Gempur said...

gak usah bingung.. besok juga tempe akan melimpah lagi kok.. Biasa indonesia suka gitu.. hehehehe

adam brown said...

look this is the "diet" i told you about you should really enter the site :) bye enter the site

Anang said...

padahal tempe makanan favoritku.. kalau ga ada tempe makan tak nikmat.. serasa sayur tanpa garam.. hambar..... gimana ini gimana ini

cewektulen said...

kemarin makan tahu, masih belum naek tuhhhh

ichaAwe said...

yah ambil sisi baiknya aja lah..kalo tempe mahal..brarti kan orang2 jd ngelirik kemakanan lain...kayak ikan peda' gituh...murah juga kan..dan gizinya juga pasti lebih dibanding tempe...

mei said...

tempe 4rebu sekarang =(

elyswelt said...

aku masih punya persediaan kedelai Wied, 2 kilo an, rencana mau tak bikin tahu, tapi tertunda2 terus (ndak mau bilang males hi..hi..hi...)

aku suka tahu Wied, suamiku sebaliknya, dia suka sekali tempe (soalnya sering ndak tega untuk makan tahu kesukaanku :D)

"omah"ku pindah bu ^_^

stey said...

Asisten mama saya sampe ga berani beli tempe bungkus..takut katanya, udah mahal, ternyata jelek pula..oh tempe...

elly.s said...

tempe, enak dibacem dan perlu!

sinceyen said...

Kalau hanya import yg diandalkan, tanpa menyokong produksi dalam negri dan kehidupan pertanian lokal, 'gak kaget suatu saat nanti tempe jadi makanan "elit".

Andaliman said...

soal org jepang gak tau tempe bener tuhh ada kenalan aku tanya tau tempe gak? dia bilang gak. lahh aneh emang patennya dipegang negara dia :)