Monday, December 04, 2006

melamar "Amerika"

- 6C (minus enam celcius)... wuiiiiiiih dinginnnnnnnnnnn, sebelum turun dari mobil temanku aku sempat melirik temperatur, wow dinginnya udara saat itu.
brrrrrrr......ademm...didepan Consulat Of America orang2 yg ngantri sudah banyak, ada 3 antrian panjang, dan satu2 kulihat tulisannya: 8.30...... 9.00 dan 9.30. Giliranku jam 10.00.

Lalu aku masuk coffee shop didepan Consulate, duduk dan pesan segelas hot chocolate, anget di dalam coffee shop, rasanya aku malas juga untuk kembali ngantri, tapi visa ku untuk ke Amerika habis.
Tepat jam 9.30 aku ikutan ngantri lagi, aku bingung liat orang2 yg ngantri koq banyak yg loncat2 ditempat....tapi setelah berdiri 15 menit aku terjata ikutan lompat2....rasanya telapak kakiku membeku, seperti ditusuk seribu jarum ....walah...dinginnnn.
Padahal yah, aku sudah pakai boot yg anget..(ada bulu2 nya di dalamnya), baju dingin yg beratnya 5 kilo :p, scraft yg tak lilitin ke muka (kaya ninja), topi, yg kelupaan cuma sarung tangan.
Pokoknya klo dibanding orang2 yg make jilbab aku lebih rapet deh,
tapi koq masih juga kedinginan....(rasanya mau protes ke Consulat Amerika kenapa koq membiarkan orang2 yg nyari visa menderita, ngantri sampai kejalanan dan klo udara dingin kedinginan, klo panas kepanasan).

Dibelakangku ada pasangan yg membawa 3 orang anak balita, yg satu masih bayi, di keranjang bayi, yg dua ce2 kecil yg lucu2.
Si ibu sibuk ngajakin anaknya lompat2 ditempat dan anaknya nurut.
Lama2...si anak yg kecil mulai nangis kedinginan..langsung bapaknya membuka kancing jaketnya dan menggendong anak ini sambil diselimutin jaketnya
Si ibu juga memeluk anaknya yg besar, sambil menenteng keranjang bayinya, wah..wah menderita sekali yah???

Akhirnya antreanku pindah mendekati pintu masuk....rasanya sangat ingin cepetan masuk dan melihat ada apa seh didalam gedung consulat ini...koq segitu galaknya penjaganya.
Setelah menunggu sejam, aku dapat giliran masuk ke gedung, wuihhh jaket dilepas, tas dan kantong digeledah, ehhh lewat penjagaan gelangku ber tuittt...tuit
jadi aku harus berdiri tangan terlentang dan di priksa lagi....
trus disuruh ngelepas gelang ku, akhirnya lolos, lariii naik ke lantai 2, disini penjagaan ga gitu ketat, cuma disuruh nyusun "surat2" lamaran visa (in order gitu).
trus ngantri lagi diloket, panjang juga antreannya, begitu aku sampai diloket, aku serahkan berkas2 ku, semua ok, dan Permanen Resident card ku dikembalikan, tapiiiii...petugas yg senyumnya mahal ini bilang : kami tidak accepted lagi photo hitam putih....waaaaaaaa.........jadi deh harus balik keluar lagi, nyari tukang photo...duhhh rasanya sengsara
Udah gitu tukang photonya make ngeledek lagi, waaaaa pokoknya photo, boro2 inget nyisir rambut, cuma ngelepas kacamata..(wong syarat utama : tidak boleh makai kacamata, kuping harus kelihatan, tidak boleh make penutup rambut, tidak boleh tersenyum), begitu photo jadilangsung lariii lagi kepintu masuk Consulat, masuk dan diperiksa lagi..stresss buanget. Setelah nyerahin photo diri langsung nunggu untuk dipanggil naek ke lantai 20...byuh..byuh duduk lemes, rasanya nyesellll buanget, kenapa aku ga sarapan dulu tadi :p

Di lantai 20 orang2 yg nunggu interview berjubel, aku ndengerin pertanyaan2 petugas itu jadi tambah stress juga.
Tapiiii pas giliranku, dia hanya bilang : wah udah lama yah di Canada? rencana mau kemana lagi ke statenya? (hehehe ini yg ke 3 kalinya aku minta visa amerika, yg petama dari Indon kedua pas baru jadi penduduk canada). Nah dengan manisnya dia bilang : besok siang jam 3 ambil yah visanya disini tapi jangan bawa apa2 kecuali surat ini.

Dasarrrr...dasar esoknya aku datang jam 3 kurang 5 menit, tapi aku bawa tas kecil mungil yg hanya cukup untuk satu dompet kecil..eh ditahan deh aku, boleh masuk setelah semua orang yg hanya bawa selembar kertas pengambilan visa sudah masuk...wow kedinginannn lagi..
Nah kira2 jam 3.30 aku dapat passport ku yg udah ditempeli visa Amerika yg baru, legaaaa berlaku 10 th

Jam 5.30 aku sudah di bus stop nunggu bus yg membawaku ke ferry terminal untuk nyebrang lagi ke Vancouver Island....ditengah badai salju...pokoknya perjalananku ngeriiiii palagi pas di jalan kerumahku yg harus melewati gunung...yg saljunya sudah jadi es batu, rasanya bahagia banget pas sampai dirumah..home sweet home

13 comments:

kenny said...

waduh..jadi ikutan ngeri klo mo masuk amrik lha susah getu....(halah..ngimpi kaleee),
Syukur klo penguin nya berhasilsampe kerumah dgn selamat(jadi inget film happy feet)

larasati said...

wiiihh..jadi ikut mbayangin film2 amerika yang njlimet dengan keimigrasiannya yg susah..
wah seneng ya mbak udah dapet visa, hmm.. 10 tahun...

dirac said...

wah, kalo winter aku pasti masup angin. Lha kalo sampe minus 6 Celcius gitu, bakalan minta kerokan tiap hari aku. Ha ning, yang mau ngeroki sapa??

amethys said...

kenny : pinguin masih berlanjut nee..masih juga sering kepleset ...hihihi

laras : emang ho oh nantinya tiap masuk amerika naek mobil ato bus di border masih harus ngisi formulir dan bayar 6$....

dirac : mau kerokan? make batu kali, batu bata ato karang?...hihihihi

A B A N G said...

Jadi ceritanya mau sowan Om Bush nih Wied.
Kalau mau berenang kasitau yah !!, nanti aku tungguin dipantai seberang .... he .... he ....

Victoria's Dad said...

It's a good thing you never had to work outside in a minus 20 degrees ... Fahrenheit, helping a sick cow.

amethys said...

abang : mo pulang dulu ke Indon bang....abang nitip apa? cieeee gaya yah make nanya..abang kan pulang ke Indon kaya pergi ke Mall aja yah??

Koko : yeee....kan aku blom pernah jadi penghulu sapi kaya dikau ko....ga nyampe otakku sekolah jadi pengulu sapi....:p

A B A N G said...

20 jam terbang kok kayak ke Mall.
Ngelindur kamu Wied.
Wueenak ya ... fulang kamfung, aku sih Feb. ntar kali ....
Titip salam aja buat Yahya Zaini ama Eva maria ... he ... he ...

amethys said...

bang.....aku berangkat tgl 9 januari pulang bulan maret tgl 11.....ketemu yah bang di jkt?

A B A N G said...

Ya ... pokoknya kalo aku pas di Jkt, ditanggung halal Wied.
Tergantung perizinan internal nih ... he ... he ...
Kasitau aku lewat japri, dimana kamu bisa di kontek di Jkt !!!

endangwithnadina said...

Ogah ah mbayangin yang susahnya gitu...dingin,antri panjang...idiiiih...eh,mau pulang Jakarta,asik dong?

dian mercury said...

oh ini tulisan yg ketutup kemaren hihihi...

kok sama sih ?? waktu aku apply di jkt juga ; belom sarapan. hujan lebat and dalam hati ; tega banget sih nih kedutaan...ngebiarin manusia berjubel ngantri kenak hujan dan angin. di jkt lho, bisa kedinginan. apalagi ditempat loe duuuh...and pemeriksaannya juga sama. tersiksa euy

dian mercury said...

ketinggalan. aku photonya salah juga hahaha lari2x cari tukang photo